Untuk Kamu yang Sedang Merasa Benci Dilahirkan

Tunggu sebentar.

Sedih, marah dan semua perasaan yang terlibat itu tidak permanen. Jadi tunggu sebentar. Sambil menunggu perasaan benci karena telah dilahirkan itu menghilang, baca tulisan ini.

---

PERHATIAN: Kalau kamu benar-benar sudah tidak tahan dan benar-benar punya kemauan untuk jadi lebih baik, ke psikolog aja. Ga usah mikir bayarnya gimana, coba aja jalan dulu ke psikolog terdekat. Gas, sekarang.

Aku bukan psikolog dan tulisan ini tidak secara profesional berusaha membuatmu lebih baik. Tapi sebagai orang yang pernah mengalami hal yang sama, aku berusaha membuat tulisan ini menenangkan.

---

Ambil alih hidupmu untuk sekarang.

Sambil membaca tulisan ini, buat dirimu nyaman. Ngopi, ngerokok. Kalau kamu mau ngemil, duduk-duduk di rooftop, mancing, itu juga boleh. Cari kegiatan yang bisa dilakukan sambil membaca tulisan ini.

Dukungan orang terdekat?

Kamu bisa saja menghubungi orang terdekatmu dan katakan apa yang kamu rasakan. Curhat. Tapi aku pribadi tidak menyarankan hal tersebut. Berharap orang lain menyelamatkan kita, berharap pada manusia, itu bisa saja menyebabkan luka. Mari menghindari hal-hal yang bisa membuat kebencian kita semakin parah.

---

Ngaku dulu. 

Sekarang juga, ucapkan dengan pelan sambil menggenggam tangan dengan kuat, "aku benci hidupku". Jangan keras-keras, jangan menganggu orang lain. Sekali lagi, mari menghindari hal-hal yang bisa membuat kebencian kita semakin parah.

Kalau masih kurang, tulis komentar di bawah. Bebas, tulis aja apa yang ingin kamu tulis.

Langkah ini penting karena yang pertama harus dilakukan dalam mengatasi perasaan adalah menerima dan mengungkapkannya.

"Aku benci hidupku".

---

Aku dan banyak orang lain di dunia ini juga pernah merasakan hal yang sama.

Aku juga pernah merasa benci karena telah dilahirkan. Kadang-kadang semua yang harus aku lakukan terasa sangat berat. Kalau aku tidak dilahirkan, pasti tidak akan menghadapi hal-hal yang harus aku hadapi sekarang. Seingatku, aku tidak meminta untuk dilahirkan.

Kenalan lagi dengan dirimu.

Cari fakta tentang dirimu. Siapa kamu? Sebut nama lengkap dalam hati. Siapa orang tua kamu. Apa yang kamu sukai. Kenapa kamu suka hal-hal yang kamu sukai. Tulis di kolom komentar tentang hal-hal yang kamu sukai. Kolom komentar punya kamu, boleh untuk menulis apa saja.

Merawat diri.

Mandi dulu kalau belum mandi. Makan. Tidur. Bayangkan kamu itu karakter di dalam game The Sims. Semua kebutuhanmu harus terpenuhi. Needs bar harus diusahakan selalu hijau, penuh, lengkap.

 

Cari tujuan hidup.

Kalau semua kebutuhanmu sudah terpenuhi, sudah mulai nyaman lagi, selesaikan atau cari tujuan hidupmu. Tidak harus muluk-muluk. Yang sederhana aja. Misalnya:

  • Menyikat kamar mandi
  • Menyapu kamar
  • Membuat mind map
  • Menggambar 3 benda favorit kamu di atas kertas putih menggunakan pensil
  • Menulis tentang kamu di masa depan. 10 tahun lagi, kamu akan seperti apa.

Tidak ada penilaian, yang penting tercapai. Kalau kata Nike, "Just do it", lakuin aja. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laptop untuk Belajar Bikin Web

Apa itu Website

Lirik: Fisip Meraung - Ngenteni Kowe